Penyesalan Suatu Hari Nanti

12.33 Robi Afrizan Saputra 0 Comments

Kalau saja saat usia muda dulu, aku serius memperjuangkan impianku. Aku berani mencobanya. Aku tidak peduli dengan omongan negatif orang lain. Aku tidak terlalu banyak bermain-main. Aku tidak membuat-buat alasan yang menghambat perkembangan diriku. Aku serius untuk belajar. Aku tidak takut kalau gagal. Aku bersungguh-sungguh untuk berjuang. Mungkin saja, ada jalan hidup yang lebih baik untukku saat ini.

Kalau saja saat usia muda dulu. Aku menjaga pola makanku. Aku tidak berlebihan dalam mengonsumsi gula, minyak, dan segala hal yang memang tidak boleh berlebihan. Aku rutinkan olahraga tiap hari walau tidak lama. Mungkin saja, tubuhku saat ini lebih sehat dan tidak sakit-sakitan seperti saat ini.

Kalau saja saat usia muda dulu, Aku menjaga pola tidurku. Aku tidak sering begadang. Kalau capek, aku sempatkan istirahat. Bukan terus-terusan memaksa tubuhku ini. Mungkin saja, keadaanku saat ini lebih baik.

Kalau saja saat usia muda dulu, Aku sudah mulai memperbaiki diriku dan memperbaiki hubunganku dengan Tuhan. Tidak meninggalkan kewajiban dari-Nya. Aku yakin, aku akan lebih tenang dalam menjalani hidup ini. Sebab, aku punya Tuhan. Aku punya tujuan sejati yang bukan sekadar mengejar duniawi. Namun, saat tubuh ini mulai ringkih dan sakit-sakitan. Barulah aku mengingat-Nya. Itu pun aku masih salat dengan terburu-buru di sisa-sisa waktuku.

Kalau saja saat usia muda dulu. Aku tidak foya-foya. Aku tidak membeli sesuatu yang sebenarnya aku tidak benar-benar butuh. Terkadang yang kubeli itu hanya sekadar ingin menunjukkan bahwa “inilah aku”. Aku ingin diakui karena punya barang ini dan itu. Aku tidak belajar bagaimana memanajemen keuangan. Mungkin saja, aku punya tabungan yang cukup untuk keluarga dan menyekolahkan anak-anakku saat ini yang biayanya semakin hari semakin mahal. 

Namun, aku yakin. Aku masih punya waktu untuk memperbaiki itu semua. Mulai dari sekarang ini ....


IG: @robiafrizan1

You Might Also Like

0 komentar: